ALVIN BURHANI BLOGSITE  

My Shares, Knowledge, & Experiences

Simulasi ini ditulis dengan Python untuk populasi Susceptible, Infected, Reported, dan Unreported. Susceptible berarti seseorang mungkin saja tertular dan ini bisa berlaku bagi siapa pun. Infected berarti seseorang sudah terinfeksi tetapi belum menunjukkan gejala (periode inkubasi).Adapun Reported berarti seseorang terinfeksi, menunjukkan gejala, dan sudah terlapor. Sementara Unreported berarti seseorang terinfeksi tetapi tidak melapor karena gejalanya ringan atau alasan lainnya.

1 orang positif Covid-19 bisa menularkan penyakit ini kepada 2-3 orang. Dengan jumlah penduduk terinfeksi yang mencapai ribuan orang, jika implementasi physical distancing tidak dilaksanakan secara disiplin, maka akan semakin banyak orang yang tertular dan menjadi reported case.

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
4 thoughts on “Simulasi Pandemik dengan Python”
  1. Mohon diajarkan atau kalau boleh request artikel bagaimana caranya membuat sentimen analayis untuk mengetahui seberapa parah medsos (misalnya tweeter) dari user tersebut melakukan ujaran kebencian (negative words). Terima kasih dan ditunggu artikelnya.

  2. mohon info bagaimana jika ada kekarantinaan atau simulasi dengan lock-down (karantina) untuk pasien yang terinfeksi?

    1. ini adalah contoh running program simulasi kekarantinaan pandemik dengan populasi 1000 dan yang terinfeksi 1 orang; kemudian saat terjadi penularan; segera dilakukan isolasi untuk pasien yang terinfeksi; kemudian dilakukan proses penyembuhan; hingga pandemiknya bisa teratasi.
      proses karantina
      hasil isolasi karantina pasien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *