Uji Construct Reliability dan Variance Extracted pada SEM

Setelah dilakukan pengujian kesesuaian model (model fit) pada model SEM, ada evaluasi yang harus dilakukan yaitu uji unidimensionalitas dan reliabilitas. Dimana unidimensionalitas digunakan untuk menghitung reliabilitas dari model bahwa model satu dimensi. Pengukuran reliabilitas dengan Alpha Cronbach’s tidak dapat mengukur unidimensionalitas pada konstrak multi indikator. Sehingga dibutuhkan pengujian reliabilitas pada model SEM yang memiliki beberapa dimensi.

Construct reliability adalah ukuran konsistensi internal dari indikator-indikator sebuah variabel bentukan yang menunjukkan derajad dalam variabel yang dibentuk. Variance extracted adalah ukuran yang seberapa banyak jumlah varians dari indikator yang diektraksi oleh variabel yang dibentuk. Ada dua pendekatan yang dapat dilakukan untuk menilai reliabilitas model pengukuran yaitu uji contruct reliability dan variance extracted pada masing-masing-masing variabel laten.

Construct Reliability atau Composite Reliability

Nilai konstruct reliability berasal dari kuadrat nilai total (sum) standard loading dibagi dengan kudrat nilai total standar loading ditambah dengan nilai sum eror. Rumus selengkapnya disajikan di bawah ini.

Dimana nilai standar loading berasal dari nilai standardized loading untuk tiap-tiap indikator (hasil output AMOS, Lisrel). Sedangkan eror (ε) berasal dari measurement error dari masing-masing indikator: (1-Loading²). Nilai batas (cut-off) uji construct reliability diterima apabila nilainya > 0.70, namun jika penelitian masih bersifat eksplanatori nilai di bawah 0.7 masih diterima.

Variance Extracted

Nilai variance extracted berasal dari nilai sum (total) kuadrat standard loading dibagi dengan nilai sum kuadrat standar loading ditambah nilai sum error. Rumus selengkapnya disajikan pada di bawah ini.

Nilai batas (cut-off) uji variance extracted yang direkomendasikan > 0.50. Nilai variance Extracted (VE) > 0.50 menunjukkan bahwa jumlah varians dari indikator-indikator yang diekstraksi oleh konstruk laten lebih banyak dibandingkan dengan varians errornya.

Dari formula/rumus tersebut di atas, kemudian akan di contohkan cara menghitung nilai construct reliability dan variance extracted dengan microsoft excel, dimana nilai standard loading berasal dari model Employee Retention dengan program AMOS sebagai berikut:

Sumber: http://www.statistikolahdata.com

Pada model di atas terdapat 5 variabel laten yaitu Environment Perceptions dengan 3 indikator (EP1 – EP3), Attitudes toward Coworkers dengan 4 indikator (AC1 – AC4), Job Satisfaction dengan 5 indikator (JS1 – JS5), Organization Commitment dengan 4 indikator (OC1 – OC4) dan Staying Intentions dengan 4 indikator (SI1 – SI4). Setelah di runing (calculate estimates), model menghasilkan output nilai standard regression weights pada masing-masing indikator. Nilai inilah yang dinamakan dengan nilai loading (loading factor) yang akan digunakan untuk menghitung nilai construct reliability dan variance extracted. Selengkapnya nilai standardized regresssion weight sebagai berikut:

Dari nilai Standardized regression weights hasil output AMOS, kemudian dimasukkan ke dalam format MS-Excel untuk dihitung nilai contruct reliability dan varince extracted.

Sumber: http://www.statistikolahdata.com

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel Environemnt perceptions memiliki nilai construct reliability sebesar 0.803, Attitudes toward coworkers 0.894, Job satisfactions 0.860, Organizational Commitment 0.830, Staying Intention sebesar 0.881. Nilai construct reliability dari kelima variabel tersebut lebih besar dari cut-off value 0.7 maka indikator-indikator memiliki konsistensi internal yang baik.

Kemudian untuk nilai variance extracted, variabel Environemnt perceptions memiliki sebesar 0.578, Attitudes toward coworkers 0.678, Job satisfactions 0.552, Organizational Commitment 0.558, Staying Intention sebesar 0.650. Nilai variance extracted akan lebih kecil dibandingkan dengan nilai construct reliability. Oleh karena kelima variabel memperoleh nilai varaince extracted >0.50 maka varians yang diekstraksi dari indikator-indikator lebih besar untuk pembentukan variabel laten.

2 Comments

  1. Avatar

    Kak, CR dan VE itu dua2 nya untuk reliability kan? Atau VE itu buat validity?

    1. admin
      Author

      Variance extracted adalah ukuran yang seberapa banyak jumlah varians dari indikator yang diektraksi oleh variabel yang dibentuk.
      Sedangkang CR adalah ukuran konsistensi internal dari indikator-indikator sebuah variabel bentukan yang menunjukkan derajad dalam variabel yang dibentuk.

Leave a Reply