Seni Menyeimbangkan Tongkang

Pekerjaan menyeimbangkan tongkang sering disebut dengan Barge Ballasting atau Barge de-ballasting; yaitu suatu proses dimana air laut pompa masuk dan pompa keluar dari lambung tongkang ketika tongkang tersebut berada di pelabuhan atau di tengah laut. Air laut yang digunakan oleh kapal ini dalam pekerjaan seperti ini dikenal sebagai ballast water. Gunanya adalah untuk memastikan tongkang tersebut list, level, dan stabil.

Contoh Kasus:

Sebuah beban berada di sisi dermaga dan perlu dipindahkan ke atas tongkang. Air Ballas dipompa keluar dari tongkang untuk menjaga agar tongkang tetap stabil & sejajar dengan sisi dermaga saat berat beban mendorong tongkang ke bawah di dalam air. Oleh karena itu diperlukannya pemberat di ujung tongkang guna mencegah tongkang terjungkit saat beban bergerak dari sisi dermaga.

Salah satu yang biasa dieksekusi dengan melibatkan ballasting adalah manuver roll-on/rolloff, atau ‘RoRo’. Ballast digunakan untuk mempertahankan tongkang di tingkat yang sama dengan dermaga (even keel) selama proses roll-on tersebut. Air dipompa keluar di ujung tongkang sisi dermaga untuk menjaga level tongkang karena beban berpindah perlahan lahan masuk ke tongkang. Sedangkan di ujung tongkang yang lain, air bisa jadi dipompa masuk untuk mencegah tongkang dari terjungkit. Setelah beban sudah berada di atas tongkang dan bergerak menuju pusat, air dipompa lagi ke dalam untuk ujung sisi dermaga dan dipompa keluar di ujung lainnya guna membuat tongkang seimbang.

Sebuah Seni

Menggerakkan beban diatas geladak tongkang membutuhkan perhitungan yang sangat teliti mulai dari berat beban hingga waktu pemompaannya. Mulai dari ukuran barang, panjang beban, serta kekuatan dek diatasnya; karena semuanya nanti akan memiliki dampak besar pada saat operasi tersebut. Pekerjaan ballasting juga biasanya akan dipengaruhi oleh kondisi setempat seperti kondisi pasang surut, ketinggian dan kedalaman dermaga, ukuran tongkang yang digunakan, gelombang laut, faktor cuaca dan lingkungan lainnya. Dari semua itu; perubahan kecil dalam kondisi tersebut, seperti gelombang menjadi semakin besar atau hembusan angin yang semakin kencang bisa menjadi risiko & mengganggu ketenangan dalam pekerjaan barge ballasting.

Contoh Pekerjaan RO-RO tanpa Barge Ballasting

Persis seperti peluncuran satelit, situasinya harus demikian dipantau secara terus menerus, dan kondisi setempat juga harus dipastikan aman sehingga operasi dapat berjalan dengan lancar. Itulah seni dari menyeimbangkan tongkang.

Leave a Reply