Analisa Stabilitas Tongkang Kerja

Tongkang Kerja atau Crane barge adalah sebuah barge atau kapal tongkang yang lengkap dengan fasilitas akomodasi yang juga dilengkapi dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Crane barge juga dikembangkan agar dapat mengangkat struktur yang lebih besar. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh crane barge adalah mengangkat beban berat pada saat pemindahan dari darat ke laut. Proses pemindahan komponen-komponen dari crane barge ke anjungan lepas pantai biasa disebut proses Lifting.

Beban yang diangkat oleh crane akan memberikan pengaruh pada stabilitas barge tersebut. Perubahan pada titik pusat gravitasi (center of gravity) pada saat proses pengangkatan yang akan merubah stabilitas barge. Stabilitas tidak hanya dapat berubah karena adanya operasi pengangkatan di barge. Sistem ballas juga akan mempengaruhi titik pusat gravitasi dan stabilitas juga Pada kenyataannya stabilitas barge harus mampu mengapung atau stabil pada kondisi laut riil. Jika barge sudah mampu stabil pada kondisi riil, barge pun layak melakukan kegiatan operasi didalamnya.

Contoh Perhitungan Manual:

Jika perlu spread sheet ini dalam bentuk XLS silahkan contact dan saya jual dengan harga IDR 500.000,- transfer ke BCA atau bisa bayar dengan Credit Card lewat Paypal




Leave a Reply