Perhitungan Cross Beam untuk Skidding Container Crane

Sehubungan dengan rencana PELINDO 3 untuk merelokasi Container Crane (CC-05) dari Pelabuhan Terminal Petikemas Surabaya (TPS) ke lokasi sementara di area Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, maka diperlukan kontraktor yang mampu melaksanakan pemindahan CC-05 tersebut dengan aman.

PT. Califilard Prima Indonesia selaku kontraktor yang ditunjuk untuk melaksanakan pekerjaan tersebut harus membuatkan skema metode pelaksanaan relokasi Container Crane tersebut yang beratnya sekitar 670 Ton dari dermaga TPS di koordinat 7°11’48.8″LS 112°42’25.5″BT ke dermaga Jamrud Utara di koordinat 7°11’54.2″LS 112°43’34.6″BT.

Metode: Proposal pemindahan CC-05 tersebut dengan menggunakan Skidding System untuk dimuat keatas kapal Tongkang yang nanti penurunannya juga akan menggunakan alat tersebut hingga ke posisi akhir. Saat CC-05 sudah diposisi akhir, tatanan pendukung sementara akan disiapkan untuk menopang CC-05 selama berada di lapangan Jamrud Utara.

Peralatan handling yang akan digunakan adalah kapal Tongkang dengan lebar minimal 24 meter, Mooring System untuk penambatan Tongkang di Dermaga, Tambahan Kapal Pandu (Assist Tug), Portable Pumps untuk pekerjaan Barge Ballast/De-ballasting termasuk Genset, Skid Shoes kapasitas 250 Ton per unit, Skid Tracks, Hydraulic Jacks kapasitas 100 & 200 Ton per unit, lengkap dengan Hydraulic Power Packnya.

Berikut adalah salah satu perhitungan yang harus disediakan untuk mendukung kegiatan tersebut:

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Sumber: http://www.califilard.com

Leave a Reply