Analisis SEM dengan AMOS terhadap Brand Loyalty

Analisis jalur adalah analisis yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausalitas antara satu atau beberapa variabel. Model jalur ini merupakan model dasar yang digunakan untuk menganalisis jalur (path analysis) untuk mengestimasi kekuatan dari hubungan-hubungan kausal yang digambarkan dalam model.

Analisis atas signifikansi koefisien jalur (path coefficients) dianalisis melalui signifikansi besaran regression weights dari model seperti disajikan berikut:

Tingkat Signifikansi 5% (0.05). Dengan demikian, diterima tidaknya hipotesis pada sebuah nilai estimate menggunakan standard 0.05.

Jika nilai probability (P) > 0.05 H0 diterima
Jika nilai probability (P) < 0.05 H0 ditolak
H0 = Ada Hubungan yang signifikan antara kedua konstruk yang dianalisis

Uji parsial dapat dilakukan untuk masing-masing variabel. Untuk menentukan apakah pengaruh signifikan atau tidak dapat dilihat dari kolom P yang merupakan p-value, dibandingkan dengan taraf signifikansi (alpha = α) yang digunakan biasanya 0.05. Jika p-value lebih kecil dari 0.05 maka Ho ditolak.

Cara kedua adalah dengan melihat nilai C.R (Critical Ratio). Jika C.R lebih besar dari 2.0 maka Ho ditolak. Artinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang ditunjukkan dalam tabel signifikan. Tanda bintang (***) pada P (Probability Value) menunjukkan angka yang sangat kecil (lebih kecil dari 0,001).

2 Comments

Leave a Reply